Tempat Wisata Lubuklinggau - Musi Rawas

Lubuklinggau adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, ada banyak sekali Tempat Wisata dan Tempat Liburan yang Populer di Kota Lubuklinggau.

Berikut tempat Wisata dan Liburan  yang Populer di Kota Lubuklinggau yang Wajib kalian kunjungi saat berkunjung ke Kota Lubuklinggau.

1. Watervang 


Daya tarik wisata ini adalah bendungan air sungai kelingi yang dibangun oleh Pemerintah Belanda pada Tahun 1941. Fungsi utamanya sebagai pengairan persawahan yang luasnya kurang lebih 8000 Ha yang terletak di kawasan sepanjang Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai dengan Kecamatan Tugumulyo dan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas 


Untuk mencapai tempat wisata tersebut hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat dari pusat kota. Sekarang watervang sudah dipcantik dengan taman bungan dan termpat bermain. 

2. Masjid Agung As Salam 

Bagi pelancong yang tertarik untuk berwisata religi, Masjid Agung Lubuklinggau tentu tidak boleh dilewatkan. Masjid yang terletak di Jantung Kota Lubuklinggau ini mempunyai area depan yang luas dan sangat cantik untuk spot-spot foto. 

Sayangnya air mancur yang terletak di halamannya sekarang sudah tidak hidup lagi dan pohon kurma yang sudah banyak mati. serta menara kembar yang rencanya bisa dinaiki dan bisa melihat pemandangan kota lubuklinggau, sampai sekarang juga tidak bisa digunakan. 

3. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam memiliki Keunikan tersendiri dari air terjun lainnya, air terjun ini bentuknya yang menyerupai tirai dengan ketinggian 12 meter dan lebar 26 meter, mirip air terjun Niagara di Kanada. Karena itu, air terjun ini disebut-sebut sebagai Niagaranya Indonesia.


Air terjun ini berada di kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau. Lokasinya berjarak 11 km ke arah selatan dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Selain air terjun, Temam juga memiliki tempat rekreasi berupa waterboom yang letaknya persis disebelah air terjun temam. 



4. Bukit Sulap

Bukit Sulap yang terletak hanya 2 km dari pusat kota adalah tujuan wisata alam berupa bukit besar dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan tumbuh-tumbuhan alami dan indah dan suhu udara dingin.

Bukit Sulap sebagai simbol Kota Lubuklinggau karena dapat di lihat di seluruh sisi Kota Lubuklinggau. Dibutuhkan satu setengah jam untuk mencapai puncak bukit dengan berjalan, melewati jalan berbatu dan tanah sekarang juga bisa menggunakan inklinator atau kereta miring yang membawa pengunjung / wisatawan ke atas puncak Bukit Sulap.


Bukit Sulap juga sering digunakan sebagai ajang Mountain Bike Championship dan perlombaan sepeda gunung. 


Selain empat tempat teratas dan sudah sangat dikenal, di Kota Lubuklinggau sekarang ini mulai tumbuh tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik dan asik untuk dikunjungi, diantara 

1. Wisata Tepian Sungai Kelingi

Wisata Tepian Sungai Kelingi berada di Ulu Sungai Kelingi Jalan Bengawan Solo Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II, posisinya tepat di bawah Bukit Sulap yang mudah dijangkau, hanya butuh waktu sekitar lima menit dari pusat kota dengan kendaraan roda dua atau roda empat

Objek wisata tersebut menyajikan beragam jenis bunga, di antaranya bunga Glosia, Pinka, dan Seribu Bintang, bentuk tamannya vertikal bertingkat menghadap ke Kampung Warna-Warni di seberang Sungai Kelingi.

Selain taman bunga, di Wisata Tepian Sungai Kelingi seluas tiga hektar tersebut juga terdapat wahana foto Rumah Hobit, rekreasi anak-anak, menara berswafoto, dan penampilan live musik

2. Waterboom Tirta Silampari (King)

Waterboom Tirta Silampari atau lebih dikenal dengan kolam renang King, saat ini memiliki fasilitas yang sangat bagus. King memilik empat kolam renang, ada kolam renang khusus anak-anak dengan tempat bermain dan juga ember tumpah, dikelilingi sebuah parit yang bisa direnangi dengan patung-patung binatang di pinggirnya.

Di kolam dewasa mempunya seluncuran yang dibuat menyerupai kapal, dan seluncuran spiral yang terbilang sangat tinggi. 


Dengan akses yang sangat mudah, karena kolam renang King terletak di pusat kota, bila anda dari luar kota, silahkan search di google maps Kolam Renang Tirta Silampari. 



3. Linggau Waterplay

Kolam renang “Linggau Water Play” terletak diwilayah jalan lingkar timur Kelurahan Mesat Seni Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Kolam renang yang satu ini sangat memanjakan konsumen yang akan bermain di Kolam Renang Linggau Waterplay, karena disini sudah tersedia resto juga tempat karaoke bila ada pengunjung yang akan bernyanyi. 


selain memiliki kolam renang yang luas dan kolam renang anak-anak, fasilitas untuk yang tidak berenang dan menunggu juga sangat bagus.



DANAU AUR

Menyambut idul Fitri 2024 ini Kabupaten Musi Rawas juga tidak mau ketinggalan dalam membeikan tempat wisata kepada masyarakat. Pada hari sabtu (09-02-2024) Bupati Musi Rawas meresmikan Objek Wisata Danau Aur yang sudah dipercantik. 



Waterboom Terawas

Selain Danau Aur juga baru di buka Waterboom Terawas, Lokasi Waterboom Musi Rawas ini, yakni di Kelurahan Terawas Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas. 
Tepatnya di dekat Polsek STL Ulu Terawas atau samping Indomaret.  Kalau dari arah Lubuk Linggau lokasinya di sisi kanan.Jaraknya sekitar 33 KM dari Pusat Kota Lubuk Linggau. Atau sekitar 30 menit mengendarai mobil atau sepeda motor.
Sementara dari arah Muratara berjarak sekitar 45 KM atau sekitar 50 menit jika mengendarai mobil dan sepeda motor.


itulah beberapa tempat wisata bagi pelancong dan pemudik yang datang ke Kota 
Lubuklinggau dan Musi Rawas. selamat menikmati. (TN)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solar Campur Air Bikin Belasan Truk Mogok

Foto dan Video Banjir di Musi Rawas Sumatera Selatan