Hingga 6 Meter Ketinggian Air Akibat Bajir di Muara Kelingi Musi Rawas

Linggaupdate - Sedikitnya ada 400 Kepala Keluarga (KK) dan 1000 jiwa warga Kelurahan Muara Kelingi Kecamatan Muara Kelingi yang menjadi korban banjir.



Kecamatan Muara Kelingi menjadi lokasi terparah banjir Sungai Musi. Pasalnya intensitas curah hujan yang tinggi semenjak hari Sabtu pagi hingga Sabtu malam mengakibatkan air Sungai Musi meluap hingga menggenangi rumah warga Kelurahan Muara Kelingi dengan ketinggian air mencapai 5 sampai 6 meter, Minggu (12/3/2023).

Dengan adanya video yang beredar diberbagai media online, Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo S.IK MH didampingi ibu ketua Bayangkari Musi Rawas bersama pihak pemerintah menyambangi serta memberikan bantuan berupa sembako dan mendirikan posko pengungsian bagi warga korban banjir.

Dalam giat itu, Camat Muara Kelingi Hendri mengatakan bahwa luap air sungai Musi ini mulai naik sejak hari Sabtu hingga malam Minggu serta mengakibatkan 9 desa dan 1 kelurahan terendam banjir akibat luapan itu.

"Di Muara Kelingi ini ada 9 desa dan 1 kelurahan yang terkena banjir dan di kelurahan ini yang menjadi titik terparah, diketahui dari warga bahwa air sungai Musi ini mulai naik waktu hujan deras hari Sabtu kemarin sampai dengan malam sehingga mengakibatkan sekitar 400 rumah warga terendam," ujarnya.



Dikatakannya lagi ia mengucapkan terimakasih kepada kepolisian Musi Rawas yang telah tanggap serta membantu warga kami yang menjadi korban banjir dan berharap agar warganya tetap bersabar.

"Ya tentunya dalam hal ini saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten dan polres Musi Rawas yang telah datang serta melihat langsung kondisi warga yang terkena korban banjir dan dalam hal ini kami ucapkan juga rasa terimakasih telah dibantu warga kami berupa sembako ini sangat membuat bagi warga kami dan bagi warga yang terkena banjir saya harapkan agar tetap bersabar," ucapnya.

Sementara AKBP Danu Agus Purnomo S ik.MH mengatakan dan berharap agar semua pihak baju membahu untuk membantu saudara kita yang menjadi korban banjir.

"Dalam hal ini saya sampaikan kepada semua unsur dan pihak agar kiranya kita saling bahu membahu untuk membantu saudara kita yang terkena korban banjir dan tentunya semoga bantuan dari kita bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya," ucap Kapolres.

Dikesempatan yang sama, Ketua BPBD Darsan Musi Rawas ia juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan evakuasi masyarakat korban banjir.

"Kami dari BPBD tentunya kami pada hari ini melakukan pendataan serta melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banjir," ujarnya.

Ditambahkannya lagi bahwa pihaknya telah melaporkan pemerintah kabupaten Musi Rawas.

"Kami juga telah melaporkan perihal ini kepihak pemerintah kabupaten dan menurut informasi yang kami dapat secepatnya bupati akan turun serta memberikan bantuan untuk korban banjir," tutupnya.@


 

artikel ini sudah terbit di detiksumsel.com tanggal 12 Maret 2023 dengan judul "Tingginya Mencapai 6 Meter, 400 KK di Muara Kelingi Musi Rawas Jadi Korban Banjir"

 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Lubuklinggau - Musi Rawas

Solar Campur Air Bikin Belasan Truk Mogok

Foto dan Video Banjir di Musi Rawas Sumatera Selatan